6+ Kisah Nabi Daud dan Mukjizatnya [Awal-Akhir] Lengkap

Nabi Daud merupakan nabi yang sekaligus menjadi raja bagi kaum Bani Israil pada zamannya. Cerita Nabi Daud selalu dikaitkan dengan kisah Jalut yang memimpin kerajaan di wilayah Palestina. Sebagai nabi, tentu saja Nabi Daud memiliki mukjizat yang menjadi tanda kenabiannya begitu penting untuk diketahui lebih dalam. Oleh karena itulah pada artikel ini akan membagikan tentang bagaimana kisah Nabi Daud dan mukjizatnya;

Kisah Nabi Daud


Biografi singkat Nabi Daud adalah nabi ke-13 yang lahir di Baitlehem. Beliau adalah nabi yang diutus Allah pada kaum Bani Israil setelah ajaran Taurat yang dibawa oleh Nabi Musa menghilang. Hilangnya Kitab Taurat itu disertai kisah pilu tentang kaum Bani Israil yang terusir dari tempat kelahirannya. Dalam sebuah sejarah telah ditulis, Kitab Taurat dan seluruh peninggalan keluarga Nabi Musa serta Nabi Harun telah dirampas.

Dialah Jalut, raja yang merampas Kitab Taurat dan mengusir kaum Bani Israil dari tanah kelahirannya. Nabi Daud lantas berperang melawan Jalut, membantu Raja Thalut yang muslim untuk merebut Kerajaan Palestina.

Pada akhirnya, Jalut kalah. Raja Thalut memimpin Kerajaan Palestina. Nabi Daud menikah dengan Mikyal, putri Raja Thalut, lalu menggantikan Raja Thalut sebagai raja kedua. Dan kini, kerajaan itu lebih terkenal dengan Israil.

Nabi Daud Memiliki Mukjizat Berupa Suara yang Indah

Nabi Daud adalah orang yang memiliki andil besar dalam peperangan antara Jalut dan Raja Thalut. Bahkan, Nabi Daud lah yang berhasil mengalahkan Jalut dalam peperangan sengit tersebut. Karena andilnya itu, Nabi Daud menjadi seorang yang diperhitungkan oleh masyarakat Bani Israil. Apalagi, Nabi Daud memiliki suara yang mengundang decak kagum kaum Bani Israil. 

Nabi Daud Menerima Kitab Zabur

Rupanya, sanjungan Bani Israil terhadap Nabi Daud membuat Nabi Daud tidak senang. Itu sebabnya, Nabi Daud mengasingkan diri ke gurun serta ke gunung. Di sana, Nabi Daud bertaubat hingga beliau diberi Kitab Zabur oleh Allah. Saat itu, Nabi Daud berusia 40 tahun ketika beliau mendapat risalah dan diangkat menjadi nabi.

Nabi Daud Bisa Memahami Ocehan Burung

Salah satu mukjizat Nabi Daud yang sering diceritakan dalam kisah Nabi Daud dan mukjizatnya adalah bisa memahami bahasa binatang. Mulanya beliau mendengarkan ocehan burung yang sedang berbicara dengan burung lainnya.

Saat itulah, Nabi Daud memahami bahasa burung dan bahkan bahasa hewan lainnya. Nabi Daud dikenal selalu bersikap baik dengan hewan. Nabi Daud juga tidak segan merawat hewan yang tengah sakit.

Nabi Daud Mampu Melunakkan Besi dengan Tangan

Masalah yang dihadapi Nabi Daud saat itu adalah kebutuhan baju besi. Saat itu, kaumnya tengah menghadapi peperangan, sedang baju besi yang dibuat oleh ahli besi saat itu terlalu berat. Akibatnya, pergerakan badan orang yang memakai baju itu tidak terlalu luwes dan cenderung sulit.

Nabi Daud memainkan potongan besi di hadapannya, seraya duduk memikirkan masalah kebutuhan baju besi tersebut. Siapa sangka, Nabi Daud menyadari tangannya bisa membuat potongan besi itu menjadi lunak.

Dengan penuh syukur, Nabi Daud lantas mengumpulkan potongan-potongan tembaga dan melekatkannya dengan potongan yang lain. Kemudian terciptalah baju besi yang berbeda dengan baju besi yang sudah ada sebelumnya.

Baju besi Nabi Daud melingkar di badan dan memudahkan penggunanya untuk bergerak. Baju besi Nabi Daud juga ringan dan tidak mudah ditembus pedang, berbeda dengan baju besi sebelumnya yang berat dan mudah robek oleh pedang.

Sejak itu, lantas banyak yang membuat baju besi seperti yang dibuat oleh Nabi Daud. Nabi Daud sendiri, dikenal dengan pencipta baju besi dan orang pertama yang mengetahui bara api bisa melelehkan besi.

Nabi Daud adalah Raja yang Bijaksana

Nabi Daud pernah memutuskan masalah orang yang menuntut ganti rugi atas kebun anggur yang dirusak oleh kambing seseorang. Saat itu Nabi Daud memutuskan, agar kambing diberikan pada orang yang memiliki kebun. Sedang kebun diberikan pada orang yang memiliki kambing.

Pemilik kebun mengambil manfaat dari kambing yang diberikan padanya, sedang pemilik kambing memperbaiki dan menanami kebun hingga kembali seperti semula. Jika keadaan kebun sudah kembali seperti semula, maka kambing diberikan kembali pada pemiliknya. Demikian juga dengan kebun yang sudah kembali dalam keadaan baik tersebut.

Baca Juga;
  1. Kisah Nabi Sulaiman dan Mukjizatnya
  2. Kisah Nabi Muhammad dan Mukjizatnya 
  3. Kisah Nabi Nuh dan Mukjizatnya
Demikian uraian singkat tentang kisah Nabi Daud dan mukjizatnya yang juga harus diyakini sebagai orang yang beriman kepada Allah S.W.T. Semoga kisah ini bermanfaat sebagai penambah keimanan di hati kita, trimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6+ Kisah Nabi Daud dan Mukjizatnya [Awal-Akhir] Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel