3+ Kisah Nabi Hud dan Mukjizatnya [Awal-Akhir] Lengkap

Nabi Hud merupakan keturunan ke-16 dari Nabi Adam A.S. Dalam Alquran, kisah Nabi Hud dan mukjizatnya selalu dikaitkan dengan Kaum Aad yang menjadi fokus dakwah Nabi Hud. Kaum Aad sendiri adalah kaum penyembah berhala yang memiliki keahlian dalam bercocok tanam. Namun kecongkakan menghinggapi hati mereka.

Kecongkakan Kaum Aad

Kaum Aad memiliki postur tubuh tinggi besar dan kuat. Tinggi mereka setara dengan menara-menara yang pernah dibangun oleh Kaum Aad. Selain postur tubuhnya yang tinggi dan kuat, kaum juga diberi umur yang cukup panjang dan kecerdasan. Sebab, secara bangunan, belum pernah ada kaum yang bisa membangun menara setinggi dan seindah banguan Kaum Aad.

Kaum Aad mendiami daerah bukit pasir di antara Yaman dan Oman. Perbukitan pasir tersebut berada di sepanjang Laut As Syahar serta Lembah Mughits. Kaum Aad tergolong kaum yang kaya dan sangat memperhitungkan teknologi. Rumah-rumah megah mereka buat dengan cara memahat gunung dan perbukitan. Mereka juga pandai membuat pola kota dengan benteng dan gedung yang besar serta indah.

Dengan kecerdasan teknologi, mereka mampu membuat sistem pengairan yang baik. Sehingga, tanah yang semula tandus dan tidak mungkin ditanami, berubah menjadi lahan pertanian yang subur dan menghasilkan. Berbanding lurus dengan itu, aktivitas beternak hewan yang mereka lakukan juga sangat baik di zamannya.

Tidak heran, jika Kaum Aad hidup dalam kemakmuran dan harta berlimpah. Hanya saja, kecongkakan mereka membuat mereka senang merendahkan kaum lain. Mereka juga terkenal keji dalam memperlakukan musuh-musuh mereka. Itu sebabnya, Nabi Hud diutus Allah untuk memperingatkan Kaum Aad dan mengajaknya menyembah Allah.

Nabi Hud Berdakwah kepada Kaum Aad

Setelah banjir bandang yang terjadi pada masa Nabi Nuh, Kaum Aad menjadi kaum pertama yang menyembah berhala. Mulanya, memang Kaum Aad terbujuk untuk membuat patung orang-orang sholeh sebagai salah satu cara untuk mengenang mereka.

Namun, lama kelamaan mereka menjadikan patung-patung sebagai sesembahan mereka. Dari situlah, Kaum Aad semakin jauh terjerumus dan mulai melupakan ajaran Nabi Nuh dengan perlahan. Akhirnya, dengan jelas Kaum Aad menyembah patung dan berhala yang mereka buat sendiri. Patung yang mereka sembah bernama Shamud dan hattar. Mereka menganggap, apa yang mereka dapat berasal dari berhala.

Diceritakan dalam banyak kisah Nabi Hud dan mukjizatnya, Kaum Aad tergolong sangat kaya. Raja mereka bahkan tidur di atas dipan emas. Tidak hanya berkutat pada pertanian, peternakan, dan membangun tempat-tempat megah, Kaum Aad bahkan mulai menaklukkan daerah sekitar, merampok, dan menjadikan kaum lain sebagai budak.

Nabi Hud yang diutus Allah untuk Kaum Aad, datang kepada tokoh-tokoh Kaum Aad untuk mengajak mereka menyembah Allah. Nabi Hud memperingatkan mereka pada adzab yang akan diberikan Allah jika mereka tidak bertaubat. Nabi Hud juga mengingatkan mereka pada kaum Nabi Nuh yang disapu banjir bandang karena menyekutukan Allah.

Sayangnya, tidak ada satupun tokoh Kaum Aad yang mengikuti ajakan Nabi Hud. Puluhan tahun dakwah Nabi Hud tidak membuahkan hasil. Hanya kelompok yang tertindas dan budak yang kemudian mengikuti seruan Nabi Hud. Naasnya, Kaum Aad langsung menyiksa dan merampas harta orang yang mengikuti Nabi Hud. Kaum Aad bahkan tidak segan membunuhnya.

Adzab untuk Kaum Aad

Kaum Aad mendapat adzab berupa angin yang sangat dahsyat. Suaranya terdengar amat gemuruh. Kaum Aad yang melihat awan hitam mengelilingi kota mereka berkata kepada Nabi Hud, bahwa sebentar lagi akan turun hujan. Dikiranya hujan itu akan menyirami tanaman mereka dan memberi minum hewan ternak mereka.

Anggapan mereka sama sekali keliru. Seperti yang disampaikan Nabi Hud, awan hitam itu adalah adzab Allah yang akan membinasakan Kaum Aad. Seketika itu, angin besar datang dan menerbangkan seluruh apa yang dimiliki Kaum Aad. Bangunan-bangunan yang diagungkan oleh Kaum Aad rusak porak dihantam kekuatan angin yang besar selama 8 hari lamanya. Selesai sudah riwayat Kaum Aad.

Kisah Nabi Hud dan mukjizatnya banyak memberi pelajaran, bahwa setiap prilaku yang melenceng dari kebenaran selalu mendapat akhir yang buruk. Semoga Allah selalu menunjukkan kita pada jalan kebenaran, serta menetapkan hidayah yang sudah diberikan pada kita.

Baca Juga;
  1. Kisah Nabi Ibrahim dan Mukjizatnya
  2. Kisah Nabi Nuh dan Mukjizatnya
  3. Kisah Nabi Daud dan Mukjizatnya
Demikianlah serangkaian penjelasan dan pembahasan mengenai Kisah Nabi Hud dan Mukjizatnya yang dapat kita ketahui. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan bagi setiap pembaca sekalian. Trimakasih,

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3+ Kisah Nabi Hud dan Mukjizatnya [Awal-Akhir] Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel