4+ Kisah Nabi Ibrahim dan Mukjizatnya [Awal-Akhir] Lengkap

Akan menarik tentunya, menyimak kisah Nabi Ibrahim dan mukjizatnya. Nabi Ibrahim sendiri adalah nabi ke-6 yang juga bagian dari nama nabi yang wajib diketahui. Ayahnya bernama Tarikh bin Nahur yang sanadnya akan bersambung pada Nabi Nuh. Sedang Azar yang disebut dalam Alquran adalah nama ayah angkat Nabi Ibrahim.

Nabi Ibrahim


Biografi singkat Nabi Ibrahim ini lahir di Negeri Mausul tahun 2295 SM. Pendapat lain mengatakan Nabi Ibrahim lahir di Kota Ur al Kirdaniyah, selatan Irak. Beliau lahir pada masa pemerintahan Raja Namrud. Kisah Raja Namrud sendiri adalah raja yang memerintah negeri Babilonia di daerah Irak dan berusaha melanggengkan kekuasaannya dengan membunuh setiap anak laki-laki di negerinya.

Pada masanya, Nabi Ibrahim pun dibawa pergi ke sebuah hutan agar selamat dari aturan Raja Namrud yang mengharuskan pembunuhan terhadap bayi laki-laki. Sebaliknya, keadaan seperti itu bukan lantas membuat Nabi Ibrahim tumbuh menjadi lelaki lemah, melainkan menjadi lelaki yang tegar dan kuat.

Setelah Nabi Ibrahim kembali di tengah masyarakatnya, Nabi Ibrahim mengambil Azar sebagai ayah angkat. Azar sendiri adalah pembuat patung sesembahan masyarakat pada zaman itu. Azar inilah yang banyak disebutkan di dalam Alquran sebagai ayah Nabi Ibrahim.

Mukjizat Nabi Ibrahim


Berbagai macam-macam yang disebutkan sebagai kemukjizatan Nabi Ibrahim, yang diantaranya adalah sebagai berikut;

Menghidupkan Burung Mati

Kisah ini diceritakan dalam Alquran pada Surat Baqarah ayat 258-260. Dalam sebuah perdebatan antara raja Namrud dan Nabi Ibrahim, Raja Namrud mengatakan, “Tuhan yang disembah adalah tuhan yang bisa menghidupkan dan mematikan.”

Saat itu Raja Namrud memang memiliki kekuasaan yang luar biasa. Menjadi kehendaknya membiarkan seseorang tetap hidup atau memerintah untuk membunuhnya. Sehingga, Raja Namrud berkesimpulan, dia bisa menghidupkan dan mematikan. Tetapi, Nabi Ibrahim berdalih Tuhan adalah yang menerbitkan matahari dari arah timur. “Maka terbitkan lah matahari dari arah barat!” tantang Nabi Ibrahim.

Lalu, bagaimana kisah Nabi Ibrahim dan mukjizatnya selanjutnya? Apakah Raja Namrud beriman? Tidak. Meski Raja Namrud tidak bisa menjawab apapun, Raja Namrud tetap tidak beriman. Sebaliknya, justru Nabi Ibrahim yang merasa kurang mantap dengan keimanannya. Itu sebabnya, Nabi Ibrahim meminta kepada Allah agar diperlihatkan cara menghidupkan orang mati.

Allah pun memerintahkan Nabi Ibrahim mengambil 4 ekor burung untuk dicincang dan diletakkan di atas bukit berbeda satu bagian satu bagian. Lalu, Nabi Ibrahim diperintah untuk memanggilnya. Ajaib, bagian demi bagian burung itu saling menyatu hingga dengan kasat mata, Nabi Ibrahim melihat bagaimana Allah menghidupkan apa yang sudah mati. Mantap lah keimanan Nabi Ibrahim tanpa keraguan sedikit pun. 

Nabi Ibrahim Diselamatkan Allah dari Kobaran Api

Diceritakan di dalam Alquran, kaum Nabi Ibrahim tetap membangkang. Nabi Ibrahim menanyakan patung apa yang mereka sembah. Mereka menjawab, patung yang disembah adalah patung yang juga disembah oleh nenek moyang mereka. Nabi Ibrahim lantas menunjukkan kebenaran kepada mereka, tetapi mereka menganggapnya main-main.

Karena itulah, Nabi Ibrahim berencana untuk menghancurkan berhala yang mereka sembah ketika mereka tengah meninggalkan berhala-berhalanya. Dan memang begitu, Nabi Ibrahim menghancurkan berhala-berhala tersebut kecuali berhala yang paling besar.

Gempar sudah kaum Nabi Ibrahim begitu tahu berhalanya hancur. Salah seorang dari mereka lantas melaporkan seorang pemuda yang tidak suka dengan berhala mereka. Tentu saja, pemuda yang dimaksud adalah Nabi Ibrahim.

Nabi Ibrahim dipanggil dan diinterogasi terkait hancurnya berhala-berhala tersebut. Mereka juga menanyakan pada Nabi Ibrahim, apakah benar Nabi Ibrahim yang menghancurkan berhala. Tanpa dinyana, Nabi Ibrahim menunjuk berhala yang paling besar dan meminta mereka bertanya pada berhala besar itu. “Berhala itu yang melakukannya,” kata Nabi Ibrahim.

Kontan saja, kaum Nabi Ibrahim mengatakan berhala tidak bisa menjawab pertanyaan. Jawaban itu lantas digunakan Nabi Ibrahim untuk menyerang. “Mengapa kamu menyembah selain Allah yang tidak memberi manfaat dan mudlarat sama sekali?”

Pertanyaan itu memantik amarah kaum Nabi Ibrahim. Mereka meminta Nabi Ibrahim dibakar. “Mintalah pertolongan pada tuhanmu,” kata mereka, karena terpojok atas serangan pertanyaan Nabi Ibrahim atas berhala-berhala yang mereka sembah. Dan benar, setumpuk kayu bakar disiapkan untuk membakar Nabi Ibrahim. Allah lantas menjadikan panas api yang membakar Nabi Ibrahim terasa dingin dan selamatlah Nabi Ibrahim.

Mengangan-angan kisah Nabi Ibrahim dan mukjizatnya tentu menjadi penting bagi umat Islam. Selain sebagai penambah khazanah pengetahuan, kisah nabi juga akan menambah nilai keimanan dalam diri seorang hamba kepada tuhan yang menciptakannya.

Baca Juga;

  1. Kisah Nabi Nuh dan Mukjizatnya
  2. Kisah Nabi Muhammad dan Mukjizatnya
  3. Kisah Nabi Ilyas dan Mukjizatnya

Demikianlah serangkaian tulisan mengenai kisah-kisah yang terjadi pada Nabi Ibrahim dan mukjizat yang diberikan oleh Allah S.W.T. Semoga dengan adanya tulisan ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan yang mendalam bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4+ Kisah Nabi Ibrahim dan Mukjizatnya [Awal-Akhir] Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel