6+ Kisah Nabi Ilyas dan Mukjizatnya [Awal-Akhir] Lengkap

Nabi Ilyas adalah salah seorang nabi yang tidak meninggal. Terdapat 4 nabi yang dipilih Allah dan tidak meninggal. Nabi-nabi tersebut adalah Nabi Khidir, Nabi Isa, Nabi Idris, dan Nabi Ilyas. Dalam kisah Nabi Ilyas dan mukjizatnya, banyak disebutkan hal yang tidak bisa dipikir secara akal sebagai mukjizat Nabi Ilyas.

Kisah Nabi Ilyas dan Mukjizat


Lantas dalam artikel ini secara singkat akan memberikan penjelasan mengenai apa saja yang menjadi mukzizat Nabi Ilyas?, diantaranya sebagai berikut;.

Nabi Ilyas Menjadi Pembawa Pesan Bencana Kekeringan

Nabi Ilyas hidup ketika Israil dipimpin oleh Raja Ahab yang menyembah patung dan dewa. Allah menyuruh Nabi Ilyas menyampaikan pesan akan datang masa kekeringan tanpa ada hujan dan bahkan embun selama tiga tahun. Karena itu, Raja Ahab diminta untuk bertaubat dan menyembah Allah.

Raja Ahab marah dan berusaha membunuh Nabi Ilyas. Atas perintah Allah, Nabi Ilyas bersembunyi di Sungai Kerit, di bagian anak sungai. Nabi Ilyas meminum air sungai itu. Seekor burung gagak akan datang membawakan makanan untuk Nabi Ilyas tiap pagi dan sore.

Rumah yang Didatangi Nabi Ilyas Selalu Berkah dan Memiliki Banyak Makanan

Saat kekeringan terjadi, Nabi Ilyas datang ke rumah seorang janda yang hanya memiliki semangkuk tepung dan sebotol minyak zaitun. Anehnya, tiap kali janda tersebut membuat roti dari tepung dan minyak zaitun tersebut, minyak dan tepung itu tidak pernah habis. Nabi Ilyas pernah berkata, tepung dan minyak zaitun itu tidak akan pernah habis hingga selesai bencana kekeringan.

Nabi Ilyas dan Nabi-Nabi Ba’l

Saat itu, Israil dilanda kering dan mendapat hujan kembali, orang Israil tetap tidak menyembah Allah. Karena itu, Nabi Ilyas menyuruh Raja Ahab memerintahkan nabi-nabi Ba’l ke Gunung Karmel. Di sana Nabi Ilyas membuktikan siapa nabi yang sebenarnya agar penduduk Israil berhenti menyembah berhala dan berbalik menyembah Allah.

Masing-masing nabi mengambil sapi untuk diqurbankan. Sapi-sapi itu disembelih dan dipotong, lalu diletakkan di atas kayu. Menariknya, mereka tidak boleh membuat api. Seluruh nabi Ba’l diminta berdoa pada dewa mereka untuk menghidupkan kayu bakar yang sudah ditindih daging qurban.

Bagaimana kisah Nabi Ilyas dan mukjizatnya setelah itu? Seluruh penduduk Israil menyaksikannya. Sebanyak 450 nabi Ba’l memohon pada dewa mereka dengan suara keras. Mereka bahkan menyakiti tubuh mereka hingga bercucur darah dan tetap tidak terjadi apa-apa hingga petang tiba.

Nabi Ilyas kemudian memperbaiki tempat peribadatan yang rusak dan menggali parit di sekelilingnya. Disusunnya kayu bakar dan ditempatkannya daging kurban di atasnya. Nabi Ilyas meminta penduduk Israil menyiramnya dengan air hingga parit di sekelilingnya penuh, lalu mendekat dan berdoa di tempat itu.

Seketika, turunlah dari langit api yang membakar qurban Nabi Ilyas. Seluruh penduduk Israil lantas bersujud dan mengakui Allah sebagai tuhan yang sebenar-benarnya. Kemudian, Nabi Ilyas memerintah penduduk Israil agar menangkap nabi Ba’l dan membunuhnya.

Nabi Ilyas Diselamatkan dari Ratu Izaibil

Ratu Izaibil memburu Nabi Ilyas setelah nabi-nabi Ba’l dibunuh seluruhnya. Seharian Nabi Ilyas melarikan diri dari kejaran pasukan Ratu Izaibil. Dalam keadaan lelah, Nabi Ilyas beristirahat dan tertidur di bawah pohon seraya meratap agar Allah mematikannya.

Allah lantas mengutus malaikat untuk membawakan makanan Nabi Ilyas. Ketika bangun, Nabi Ilyas memakan makanan itu. Makanan itu membuat Nabi Ilyas kuat melakukan perjalanan jauh hingga 40 hari ke Jabal Tsur. Setiba di Gua Jabal Tsur, pada saat yang sama Ratu Izaibil mendapat azab dari Allah hingga mereka semua mati.

Nabi Ilyas Tidak Meninggal

Ketika Nabi Ilyas tengah beristirahat, seorang malaikat datang dan mengabarkan bahwa sudah saatnya ruh Nabi Ilyas dicabut. Nabi Ilyas langsung menangis. Malaikat bertanya, apakah Nabi Ilyas sedih karena ketakutannya meninggalkan dunia atau ketakutannya berhadapan dengan maut. Nabi Ilyas menjawab, dia bersedih karena tidak boleh berdzikir. Sebab hanya orang yang masih hidup saja orang yang berdzikir dan melantunkan tahmid.

Allah lantas mewahyukan agar malaikat tidak mencabut ruh Nabi Ilyas. Allah membiarkan Nabi Ilyas berdzikir hingga akhir nanti seperti yang diceritakan dalam Al-Quran pada Surat Asshoffat ayat ke 129.

Baca Juga;

  1. Kisah Nabi Nuh dan Mukjizatnya
  2. Kisah Nabi Daud dan Mukjizatnya
  3. Kisah Nabi Muhammad dan Mukjizatnya
Membaca kisah Nabi Ilyas dan mukjizatnya merupakan bagian khazanah keimanan tersendiri di hati. Karena itu, terus merenungkan semua ini seraya berdzikir akan memupuk keimanan setiap muslim. Semoga Allah selalu memberi kita hidayah dan ketetapan iman. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6+ Kisah Nabi Ilyas dan Mukjizatnya [Awal-Akhir] Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel