3+ Kisah Nabi Khidir dan Mukjizatnya [Awal-Akhir] Lengkap

Ada beberapa Nabi yang tidak pernah wafat sejak beliau dilahirkan hingga sekarang dan zaman yang Allah saja yang tahu. Nabi itu adalah Nabi Idris, Nabi Isa, juga kisah Nabi Ilyas. Satu nabi lagi adalah Nabi Khidir yang namanya justru banyak didengar karena berkaitan dengan cerita nabi lain. Tentang bagaimana kisah Nabi Khidir dan mukjizatnya, Anda bisa mengetahuinya dengan membaca artikel Kisah Nabi Khidir dan Mukjizatnya hingga tuntas.

Nabi Khidir dan Asal-Usulnya

Dalam riwayat yang dikisahkan oleh Ibnu Katsir, Nabi Khidir merupakan keturunan raja yang melarikan diri dari istana. Nabi Khidir adalah sosok yang suka beribadah kepada Allah. Nabi Khidir meninggalkan istana karena tidak ingin dinikahkan dengan gadis yang dipilihkan oleh semua kerabatnya. Setelah kepergian Nabi Khidir, seluruh usaha dilakukan untuk mencari keberadaan Nabi Khidir. Namun usaha itu sia-sia.

Nama Nabi Khidir sendiri sebenarnya adalah julukan. Nabi Khidir pernah duduk di atas jerami kering. Ketika beliau duduki, jerami itu berubah hijau. Kata hijau dalam istilah Bahasa Arab disebut Khidir. Hal ini berdasar satu riwayat yang diceritakan oleh Imam Bukhari.

Sementara sahabat nabi yang lain, mengisahkan, nama Khidir adalah sebutan atas perubahan warna yang ada di sekitar Nabi Khidir ketika tengah beribadah. Cahaya di sekitar Nabi Khidir berubah kehijauan ketika Nabi Khidir sedang beribadah. Bahkan, ketika beliau duduk di suatu tempat, suasana di sekitar tempat itu juga akan berubah hijau.

Nabi Khidir dan Raja Dzulqurnain

Sekitar tahun 322 SM pernah ada raja yang disebut Raja Dzulqurnain. Raja Dzulqurnain selalu didampingi oleh malaikat bernama Rofail. Dalam sebuah riwayat disebutkan, Raja Dzulqurnain masih saudara sepupu dari Nabi Khidir. Nabi Khidir sendiri menjabat sebagai penasihat Raja Dzulqurnain. Tetapi ada juga yang menyebut Nabi Khidir menjabat perdana menteri Raja Dzulqurnain.

Kisah Raja Dzulqurnain dan Nabi Khidir bermula dari pencarian Raja Dzulqurnain terhadap Ainul Hayat. Ainul Hayat yang didengar Raja Dzulqurnain dari Malaikat Rofail itu adalah air di bumi yang akan membuat siapa yang meminumnya tidak akan mati hingga hari kiamat. Raja Dzulqurnain ingin bisa beribadah selama-lamanya dan dia menginginkan Ainul Hayat. Lalu, bagaimana dengan kisah Nabi Khidir dan mukjizatnya?

Kisah Nabi Khidir menjadi salah seorang yang menemani Raja Dzulqurnain untuk mendapatkan Ainul Hayat bersama 6000 tentara. Setelah mereka menempuh perjalanan selama selama 12 tahun, mereka sampai di tempat Ainul Hayat berada. Tetapi, justru Nabi Khidir yang mendapatkan Ainul Hayat. Nabi Khidir lantas mandi dan minum Ainul Hayat tersebut yang ditunjukkan Allah padanya.

Nabi Khidir dan Nabi Musa

Nabi Musa pernah diperintah Allah untuk belajar ilmu pada seseorang tanpa disebutkan namanya. Tetapi, Allah memberi tanda agar Nabi Musa datang ke tempat pertemuan dua buah lautan dan ikan lauk yang kembali hidup. Nabi Musa pun menemukan orang yang dimaksud, dialah Nabi Khidir.

Nabi Musa belajar kepada Nabi Khidir dengan menemani perjalanannya. Semula Nabi Khidir enggan, tetapi Nabi Musa terus memaksa. Akhirnya, Nabi Khidir memberi syarat agar Nabi Musa tidak bertanya atau mengatakan apapun sebelum Nabi Khidir sendiri yang menerangkannya.

Terdapat tiga hal yang pelajaran yang didapat Nabi Musa ketika mengikuti perjalanan Nabi Khidir. Pertama, ketika Nabi Khidir merusak perahu yang kondisinya baik. Kedua, ketika Nabi Khidir membunuh seorang bocah kecil yang beliau temui. Ketiga, ketika Nabi Khidir membangun dinding yang hendak roboh di suatu kota.

Rupanya, Nabi Musa melanggar syarat yang diberikan Nabi Khidir. Mereka pun berpisah. Sebelum berpisah, Nabi Khidir menjelaskan lebih dulu pelajaran yang didapat Nabi Musa. Tentang perahu, Nabi Khidir lakukan agar perahu tidak dirampas oleh perompak. Tentang anak kecil, Nabi Khidir membunuhnya karena saat besar, anak itu akan membawa mudlarat bagi orang tuanya.

Tentang dinding, Nabi Khidir membangunnya karena di bawah dinding itu terdapat harta anak yatim. Dan satu hal yang harus Nabi Musa ketahui, Nabi Khidir melakukannya bukan atas kehendaknya sendiri, melainkan atas kehendak Allah. Selengkapnya, baca; Kisah Nabi Musa dan Mukjizatnya

Kisah Nabi Khidir dan mukjizatnya merupakan satu di antara sekian banyak kisah nabi yang harus dipercaya oleh umat Islam. Karenanya, merenung dan mengambil hikmah di dalamnya akan menambah keimanan di dalam dada. Semoga kita selalu mendapat pertolongan dan hidayah dari Allah.

Baca Juga;
  1. Kisah Nabi Muhammad dan Mukjizatnya
  2. Kisah Nabi Sulaiman dan Mukjizatnya
  3. Kisah Nabi Ibrahim dan Mukjizatnya
Demikianlah serangkaian penjelasan dan pembahasan secara singkat mengenai Kisah Nabi Khidir dan Mukjizatnya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "3+ Kisah Nabi Khidir dan Mukjizatnya [Awal-Akhir] Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel