6+ Kisah Nabi Musa dan Mukjizatnya [Awal-Akhir] Lengkap

Kisah Nabi Musa dan mukjizatnya cukup banyak diceritakan dalam Alquran. Ceritanya juga sangat lengkap, mulai kelahiran Nabi Musa, pertikaiannya dengan kaum Firaun, hingga kisahnya bersama Musa Samiriy dan keledai emas.

Kisah Nabi Musa dan Mukjizat


Oleh karena itulah penting dalam artikel ini untuk memberikan penjelasan mengenai serangkaian kisah Nabi Musa A.S dan Mukjizat yang diberikan Allah S.W.T.

Tongkat Nabi Musa Bisa Berubah Menjadi Ular

Ketika Nabi Musa diutus Allah untuk berdakwah pada Firaun, satu ketakutan muncul pada dirinya. Ketakutan itu muncul karena cara bicara Nabi Musa kurang fasih, juga karena Nabi Musa belum mengetahui mukjizat yang menjadi penguat kenabian serta kerasulannya.

Karena itulah, Allah meminta Nabi Musa melemparkan tongkat yang biasa digunakan untuk mengembala. Nabi Musa melemparkan tongkatnya, tongkat itu bergerak dan berubah menjadi seekor ular yang gesit. Nabi Musa sempat takut dan berlari menjauhi ular itu. Allah menyerunya agar kembali dan meminta Nabi Musa memegang ular itu. Ular itu pun kembali menjadi tongkat seperti semula.

Tangan Nabi Musa Mengeluarkan Cahaya

Mukjizat lain yang dibekalkan kepada Nabi Musa untuk menemui Firaun adalah tangan yang mengeluarkan cahaya. Saat itu, Nabi Musa diperintah memasukkan tangannya ke dalam ketiak. Seketika, keluarlah cahaya putih dan cemerlang tanpa cela sedikitpun.

Allah memberi mukjizat tongkat yang berubah menjadi ular, dan tangan Nabi Musa yang mengeluarkan cahaya itu bersamaan. Dua mukjizat itu lantas ditunjukkan kepada Firaun dan kaumnya. Tapi, justru karena dua mukjizat tersebut, Nabi Musa dituduh sebagai ahli sihir. Hingga ditantanglah Nabi Musa untuk beradu sihir dengan para ahli sihir yang dikumpulkan Firaun.

Tongkat Nabi Musa Bisa Membelah Laut Merah

Begitu para tukang sihir yang dikumpulkan Firaun kalah, para tukang sihir itu bertaubat dan mengakui tuhan Nabi Musa sebagai tuhan mereka. Tentu saja, Firaun murka. Dengan penuh amarah, Firaun berjanji akan memotong tangan dan kaki para tukang sihir menyilang, serta menyalib mereka.  Mendengar ancaman Firaun tersebut, para tukang sihir yang sudah beriman tidak gentar sama sekali.

Kemudian Allah memerintah Nabi Musa dan pengikutnya untuk pergi pada malam hari. Sedang begitu, Firaun menyiapkan pasukan untuk melakukan pengejaran. Bani Israil terkejar oleh pasukan Firaun ketika matahari terbit. Ketakutan yang sangat dirasakan oleh Bani Israil, apalagi ketika melihat pasukan Firaun sudah tampak di belakang mereka.

Kisah Nabi Musa dan mukjizatnya ini semakin menarik karena posisi Bani Israil terjepit di antara lautan dan pasukan Firaun. Allah pun menyuruh Nabi Musa untuk memukulkan tongkatnya di atas permukaan laut. Seketika, terbelahlah laut merah menjadi beberapa bagian, menyerupai gunung yang besar. Nabi Musa dan Bani Israil menyeberang hingga sampai ujung.

Firaun menyusul. Ketika Firaun dan pasukannya masih berada di tengah, mendadak belahan-belahan laut kembali menutup seperti sediakala. Firaun lantas tenggelam bersama pasukannya di kedalaman laut merah.

Allah Menurunkan Makanan dan Minuman Surga untuk Umat Nabi Musa

Saat itu, Nabi Musa bermunajat dan meninggalkan kaumnya untuk mendapat Taurat. Tetapi, siapa sangka, Bani Israil malah bertolak menyembah patung sapi yang dibuat oleh Musa Samiriy. Nabi Musa pun meminta kaum Bani Israil bertaubat dan kembali menyembah Allah.

Tetapi kaum Bani Israil malah mengancam Nabi Musa agar bisa melihat Allah dengan mata kepala mereka, barulah mereka akan beriman. Saat itulah, halilintar menyambar dan membuat Bani Israil pingsan. Lalu Allah menaungi mereka dengan awan dan menyadarkan mereka kembali.

Ketika itu, Allah menurunkan manna dan salwa sebagai rizki untuk Bani Israil. Manna ditafsiri sebagai makanan yang manis selayak madu. Sedang salwa ditafsiri sebagai burung sebangsa burung puyuh.

Batu yang Dipukul dengan Tongkat Nabi Musa Mengeluarkan Air

Bani Israil tengah membutuhkan air sehingga Nabi Musa berdoa kepada Allah untuk memintakan air bagi kaumnya. Allah menyuruh Nabi Musa untuk memukul sebuah batu dengan tongkatnya. Dari batu itu kemudian memancar 12 mata air. Bani Israil yang saat itu terdiri dari 12 suku, mengambil air masing-masing satu suku untuk satu mata air yang keluar dari batu tersebut.

Baca Juga;

  1. Kisah Nabi Muhammad dan Mukjizatnya
  2. Kisah Nabi Daud dan Mukjizatnya
  3. Kisah Nabi Ibrahim dan Mukjizatnya
Semoga kisah Nabi Musa dan mukjizatnya ini bisa menambah keimanan seorang hamba kepada tuhannya. Karena sesungguhnya, mukjizat itu diturunkan untuk menjadi tanda atas kekuasaan Allah, dan setiap mukjizat yang dibawa oleh rosul harus diimani dengan seiman-imannya. Demikian, terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6+ Kisah Nabi Musa dan Mukjizatnya [Awal-Akhir] Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel