6+ Kisah Nabi Sulaiman dan Mukjizatnya [Awal-Akhir] Lengkap

Jika mendengar kisah Aladin dan lampu ajaib, seketika itupula akan terbayang kisah mengenai Nabi Sulaiman dan mukjizatnya. Pasalnya, kisah Aladin itu sangat mirip dengan kisah Nabi Sulaiman. Bagaimana kisah dan mukjizatnya. Dalam artikel inilah anda bisa mengetahuinya awal dan akhir perjalanan Nabi Sulaiman.

Nabi Sulaiman


Nabi Sulaiman yang merupakan putra Nabi Daud yang sering menemani ayahnya ketika tengah menyelesaikan suatu perkara. Nabi Sulaiman terkenal sebagai nabi yang cerdik, teliti, dan pandai mempertimbangkan serta mengambil keputusan. Tidak demikian dengan kakaknya, Absyalum.

Nabi Sulaiman Bisa Berbicara dengan Permadani

Ketika itu, kisah Nabi Sulaiman tengah terbang bersama permadinya yang terbuat dari benang emas dan sutra bersama banyak pasukan. Burung-burung terbang di atasnya, memberikan naungan agar Nabi Sulaiman tidak terkena sengatan matahari. Dengan permadani itu, Nabi Sulaiman berkeliling melihat nikmat dan anugerah yang ditundukkan Allah untuknya.

Saat itu, Nabi Sulaiman merasa bangga. Dan seketika, permadani Nabi Sulaiman yang panjangnya mencapai 8 km itu bergoyang hingga 12.000 pasukan yang ikut bersamanya, jatuh. Nabi Sulaiman memukul dan memerintahkan permadaninya lurus. Tapi permadani itu menimpali, dia akan lurus jika hati Nabi Sulaiman ikut lurus. Nabi Sulaiman sadar, lalu bersujud dan beristighfar kepada Allah.

Nabi Sulaiman Memahami Bahasa Hewan

Dalam Alquran dijelaskan, Nabi Sulaiman diberi mukjizat memahami bahasa binatang. Saat itu, seekor semut memerintahkan teman-temannya agar masuk ke dalam lubang agar tidak terinjak oleh pasukan Nabi Sulaiman yang akan melewatinya. Mendengar itu, Nabi Sulaiman lantas tersenyum dan menghentikan sejenak pasukannya.

Nabi Sulaiman Memiliki Pasukan yang Terdiri dari Manusia, Jin, dan Hewan

Dalam kisah Nabi Sulaiman dan mukjizatnya, diceritakan, Nabi Sulaiman pernah mengumpulkan seluruhnya pasukannya. Dan satu burung tidak hadir, maka beliau menanyakan burung itu. Namanya adalah burung Hud-Hud. Maka, Nabi Sulaiman geram karena ketidakhadiran burung itu. tidak disangka, burung itu datang dengan mengabarkan keberadaan Ratu Balqis yang kaya dan penyembah matahari.

Nabi Sulaiman pun memerintah Burung Hud-Hud itu membawa surat yang ditulisnya kepada Ratu Balqis. Surat itu berisi ajakan untuk menyembah Allah dan tidak berlaku sombong. Setelah membaca surat itu, Ratu Balqis menggelar rapat untuk meminta pendapat para perdana menteri. Jawaban mereka satu, mereka akan mengikuti apa yang menjadi keputusan Ratu Balqis. Tunduk atau berperang.

Tetapi Ratu Balqis memilih jalan damai. Ratu Balqis mengirimkan hadiah pada Nabi Sulaiman. Nabi Sulaiman menolak semua hadiah yang dibawa untuknya. Nabi Sulaiman juga berjanji akan datang ke Saba’, negeri Ratu Balqis dengan tentara yang tidak akan bisa dibendung oleh Ratu Balqis. Nabi Sulaiman bahkan mengancam akan mengusir penduduk Saba’ dengan hina dan menjadikannya tawanan.

Setelah itu, Nabi Sulaiman memerintah jin untuk membawa istana Ratu Balqis. Jin yang diperintah tersebut bernama Ifrit. Begitu istana itu berhasil dibawa ke tempat Nabi Sulaiman, Ifrit diperintah untuk mengubah istana tersebut sehingga tampak berbeda dengan istana Ratu Balqis sebenarnya.

Benar saja, ketika datang ke istana Nabi Sulaiman, Ratu Balqis mendapati istana yang persis seperti istananya, namun dengan tampilan yang berbeda. Sejak itu, Ratu Balqis beriman dan bersujud kepada Allah.

Nabi Sulaiman Membuat Hembusan Angin Topan Terasa Lembut

Ini adalah kisah mukjizat Nabi Sulaiman yang kesekian. Nabi Sulaiman mendapat mukjizat sehingga bisa menundukkan angin untuk mengikuti perintahnya. Dengan angin itu, Nabi Sulaiman melakukan perjalanan yang ditempuh dalam waktu sebulan hanya dalam sepagi. Dengan angin itu pula, Nabi Sulaiman menerbangkan permadani sutra yang dimilikinya.

Nabi Sulaiman Bisa Mengalirkan Cairan Tembaga

Nabi Sulaiman bisa mengeluarkan cairan tembaga dari dalam perut bumi. Cairan tembaga itu dibuat menjadi gedung dan bahan untuk membuat piring yang besarnya seperti kolam. Cairan tembaga itu pula yang digunakan untuk membuat periuk sebagai tempat makan kaum Nabi Sulaiman.

Baca Juga;
  1. Kisah Nabi Muhammad dan Mukjizatnya


Dalam kisah Nabi Sulaiman dan mukjizatnya tersebut, tersimpan banyak hikmah yang bisa diambil. Salah satunya adalah tentang nikmat yang diberikan Allah untuk berdakwah di jalannya. Hal itu sama seperti ketika Nabi Sulaiman menggunakan mukjizatnya untuk mengajak Ratu Balqis menyembah Allah. Semoga Allah selalu menolong langkah baik kita untuk mendapat ridlo-Nya.

Dan semoga saja rangkuman cerita singkat mengenai kisah Nabi Sulaiman dan mukjizatnya ini bisa memberikan wawasan, pengetahuan, dan peningkatan ketaqwaan kepada setiap pembaca dan penulis dalam artikel ini. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6+ Kisah Nabi Sulaiman dan Mukjizatnya [Awal-Akhir] Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel