Kisah Inspiratif "Asy-Syifa Binti Abdullah" Pakar Kesehatan Zaman Rasulallah S.A.W

KisahTerbaik.Com- “Sehat itu laksana permata intan berlian, yang sangat mahal harganya dan juga memberi kilauan (cahaya) kehidupan, ingatlah perkara sehat sebelum sakit manfaatkan waktu sehat
hari ini tanpa menunggu hari esok

Rasulallah S.A.W bersabda, “Mintalah kesehatan kepada Allah karena tidak ada pemberian yang lebih baik bagi seseorang setelah keimanan daripada kesehatan” (HR. An-Nasa’i, At-Tirmidzi, Ahmad, dan Al-Hakim).

Syifa nama yang begitu indah, laksana embun yang memberikan kesejukan pagi mengobati kedamaian pada jiwa yang gelisah.

Asy-Syifa Binti Abdullah


Asy-Syifa nama yang di kenal bagi seorang perempuan mulia dan cerdas bernama Laila Binti Abdullah yang di beri julukan Ummu Sulaiman. Namanya yang dikenal Asy-Syifa, yang sesuai dengan kepakarannya dalam memberikan pengobatan dan penyembuhan dengan memberikan dorongan pada jiwa orang yang sakit agar termotivasi dan optimis untuk sembuh di sertai dengan bacaan doa-doa. Beliau seorang sahabiah yang mahir dalam membaca dan menulis diantara kaum hawa quraisy zaman jahiliah dan beliau juga dikenal dengan kebaikan hatinya.

Pentingnya masalah kesehatan sejak zaman Rasul, sehingga banyak pula tabibah dari kalangan sahabiah yang termashur pada masa permulaan islam, untuk membantu kesehatan orang-orang ketika itu. Karena Rasulallah menekankan pentingnya kesehatan bagi manusia.

Salah satunya adalah Asy-asyifa Binti Abdullah r.a dengan pengobatan secara spritual dan natural yang lebih efektif dan preventif.

Asy-syifa r.a salah seorang sahabiah yang memiliki kecerdasan dan keterampilan dalam bidang kesehatan, terutama dalam hal kejiwaan yang lebih di kenal dengan pengobatan ruqyah sehingga menekankan perlindungan bagi orang yang terkena penyakit.

Sejak zaman jahiliah Asy-Syifa r.a telah berprofesi dalam bidang kesehatan, dan setelah memeluk islam beliau meminta izin pada Rasulallah untuk melanjutkan profesinya kembali. Pada permulaan zaman jahiliah beliau menggunakan ruqyah untuk mengobati penyakit kulit, hingga pada perkembangan zaman, ruqyah juga di gunakan untuk mengobati penyakit lainnya.

Pakar Kesehatan Zaman Rasulallah S.A.W

Keahlian dan pengetahuan Asy-Syifa r.a dalam bidang kesehatan,memberikannya kedudukan terhormat di antara kalangan sahabiah. Beliau juga di hormati Rasulallah yang selalu menyambung tali silaturrahmi dengannya, terutama kedudukannya yang khusus pada sisi Rasulallah dengan keimanannya yang kokoh terhadap ajaran islam serta ketaatannya pada Allah dan Rasulnya.

Dengan kedermawanannya Asy- Syifa r.a tidak hanya memiliki keilmuannya tersendiri, namun beliau juga mengajarkan ilmu yang di milikinya kepada para wanita lainnya. Asy-Syifa r.a senantiasa datang menjenguk Ummul Mu’minin Hafsah untuk mengajarkannya menulis dan cara mengobati penyakit.

Sebagaimana takhrij oleh Abu Daud dengan sanad dari Asy-Syifa r.a, bahwa beliau berkata “Rasulallah datang kepadaku ketika aku berada di rumah Hafshah.” Lalu Beliau bersabda kepadaku, “Tidakkah engkau mengajari dia (Hafshah) cara meruqyah eksim sebagaimana engkau mengajarinya baca-tulis?”

Karena tidak hanya kecakapannya dalam masalah kesehatan, beliau juga periwayat dalam berbagai peristiwa dari Rasulallah Saw dan Umar Bin Khattab. Asy-Syifa r.a memanfaatkan waktunya untuk selalu menuntut ilmu dan berbagi ilmu dengan sesama serta menjalankan ketekunan dalam hidupnya untuk selalu beramal ibadah dalam ketaatan kepada Allah SWT.

Demikianlah rangkaian tulisan tentang kisah sahabat Nabi. Khususnya Asy-Syifa Binti Abdullah yang dikenal sebagai Pakar Kesehatan Zaman Rasulallah S.A.W. Semoga bisa bermanfaat bagi segenap pembaca sekalian. Adapun penulis artikel ini ialah Siska Meriza. Trimakasih, 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Kisah Inspiratif "Asy-Syifa Binti Abdullah" Pakar Kesehatan Zaman Rasulallah S.A.W"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel