Kisah Nyata Pengalaman "Ulangan Semester"

KisahTerbaik.Com- Rangkaian kisah nyata ini dituliskan oleh salah seorang pengirim yang tidak menginginkan namanya disebutkan. Dalam cerita ini berjudul "Aku dan Ulangan Semester" yang intinya ia membagikan pengalaman berharga untuk segenap pembaca.

Begini, Kisah Nyatanya..

Semua orang di dunia ini menginginkan yang terbaik bagi dirinya. Tetapi terkadang mereka lalai, dan tidak peduli dengan jalan yang ditempuhnya. Hari itu adalah hari ulangan semester. Kadang apa yang aku inginkan tidak sesuai dengan hasil yang di dapatkan.

Nilaiku di hari pertama ulangan tidak bisa dikatakan bagus. Tetapi kulihat mayoritas temanku memiliki nilai yang tinggi. Padahal kudapati beberapa dari mereka sempat membuka bocoran soal sebelum ulangan dimulai.

Bahkan mereka menyiapkan kunci jawaban dan menggunakannya ketika ulangan berlangsung. Semua terjadi di depan mataku sendiri. Tetapi tidak di depan mata guru dan pengawas ulangan. Itu membuat aku memiliki keinginan untuk menggunakan cara yang sama.

Kupikir dengan cara “praktis” itu, aku akan dapat nilai ulangan yang memuaskan. Seusai hari kedua aku bertanya kepada beberapa temanku, apa dia punya bocoran soal untuk ulangan di hari berikutnya. Dia menjawab iya dan tanpa pikir panjang aku memintanya.

Tak lama aku diundang ke sebuah grup dalam suatu media social. Grup itu ternyata berisi beberapa temanku yang aku lihat menggunakan kunci jawaban. Mereka membahas habis mengenai soal bocoran yang mereka dapat dengan membobol server sekolah hingga menemukan kunci jawaban dari setiap soal.

Esok harinya adalah hari ulangan. Semua soal yang temanku berikan benar-benar keluar di ulangan tersebut. Dengan sangat yakin aku menjawab soal yang menurutku mudah, karena sudah aku ketahui kunci jawabannya.

Awalnya temanku berterima kasih kepadaku karena telah berperan memecahkan kunci jawaban. Namun semua tidaklah lama. Guruku yang mengajar mata pelajaran tersebut tidak mau membeberkan hasil ulangan kami.

Menurutnya, banyak murid yang memiliki nilai sama dengan jawaban yang nyaris sama persis. Aku bertanya kepada temanku mengapa bisa terjadi hal tersebut. Dia menjelaskan bahwa dia menyebarkan kunci yang kami pecahkan nyaris ke satu angkatan.

Hasil ulangan tersebut rupanya tidak diterima oleh guru kami. Beliau langsung mengulang US kami di hari itu juga, tentunya dengan soal yang berbeda. Kami semua terkejut dengan keputusan tersebut. Hasil US yang diulang tersebut saangat buruk.

Hanya beberapa dari satu angkatan yang mendapat nilai di atas KKM.

Hari itu aku mendapatkan sebuah pelajaran besar dalam hidup. Bahwa hal yang terpenting di dalam hidup ini adalah proses, bukan hasil. Tidak peduli sebagus apa hasil yang kau raih, apabila hasil itu kau dapat dengan cara yang buruk, semuanya tetaplah buruk.

Ulangan semester selanjutnya aku jalani dengan kejujuran, dan ya, aku masih sering mendapat nilai rendah. Tapi sekarang aku berbeda. Tidak lagi terpikir memakai cara buruk untuk menggapai segalanya. Lagipula, semua tergantung dari ridho Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kisah Nyata Pengalaman "Ulangan Semester""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel